Monday, June 4, 2018

Siap-siap Pengenalan lingkungan Sekolah

tribunnews.com
Sebentar lagi kita akan memasuki masa awal tahun pelajaran 2018-2019, Perbulan Juli nanti kita akan dihadapkan pada semester baru setelah masa libur Lebaran/Idul Fitri. Pemerintah dalam hal ini kementrian Pendidikan dan kebudayaan mempersiapkan masa awal masuk sekolah sebagai moment yang bersejarah bukan hanya bagi murid baru dan guru, namun juga orang tua. 
Periode Anies Baswedan selaku menteri Pendidikan 2016/2017 menjadi awal MOS (Masa Orientasi Sekolah) menjadi MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) pada tahun itu pula mulai kegiatan bully atau mulai perpeloncoan mulai ditinggalkan dan diganti dengan kegiatan yang diatur secara rapih oleh Kemendikbud. diantara perubahan mendasar yang dilakukan adalah :

1. Orang tua diwajibkan mengatar anaknya sendiri dihari pertama sekolah
2. Guru sebagai panitia tanpa campur tangan siswa (atau kalau ada sangat minim)
3. Konten materi diatur Kemendikbud dan di isi oleh guru
4. lebih kemuatan bukan barang bawaan selama MPLS
5. Tanggung jawab Kepala sekolah dipantau langsung dinas wilayah 
6. Waktu Pelaksanaan di atur tanpa boleh melewati batas yang ditetapkan Kementrian
7. Fungsi pengawasan berlipat baik orang tua, masyarakat, LSM, dll
8. Sanksi diberikan bagi yang melanggar ketentuan dan tegas

Pertama kalinya MPLS dilaksanakan tercatat perpeloncoan dan bully menurun drastis, hampir sudah tidak ditemukan laporan lagi seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Anggapan bahwa anak menjadi bermental lemah, penakut, tidak menyenangkan sudah tak terdengar keras lagi. Tentu pendidikan memang harus mencerdaskan manusia dan itu dimulai sejak pertama anak masuk sekolah.
Setidaknya pendidikan tanpa perpeloncoan menjadikan pendidikan Indonesia selangkah lebih maju. semua aspek dalam pendidikan kembali di aktifkan setelah sebelumnya kurang aktif seperti orang tua menjadi lebih aktif mengetahui kondisi anak sejak hari pertama anak diantar kesekolah, selain itu, guru dan walikelas ikut mendampingi proses pengenalan sekolah padahal sebelumnya menitikberatkan pada pembina OSIS dan dominan Kakak kelas.
Semoga pendidikan semakin baik dan fokus pada peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, jadi Siap-siap mengenalkan lingkungan sekolah secara lebih positif dan menyenangkan.
  


Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar

Artikel Populer

promote

About Me

My photo
saya Adalah guru, dan setiap kita adalah guru