Sunday, May 20, 2018

Membangun Peradaban Terdidik

Hasil gambar untuk fungsi pendidikan
https://www.websitependidikan.com/2016/03/fungsi-pendidikan-di-indonesia.html
Pendidikan adalah pondasi dasar dalam manusia membangun hidup dan penghidupan yang lebih baik. Melalui Pendidikan seseorang diajarkan untuk mengembangkan potensi hidupnya secara maksimal. Barometer sebuah negara maju ketika masyarakatnya terdidik, semakin mudah pendidikan diakses dan sistem yang tertata rapi dengan demikian pendidikan akan di nilai berhasil dalam menjalankan tugasnya.

Kata pendidikan sendiri berasal dari bahasa latin "ducare" yang artinya menuntun, mengarahkan atau memimpin, dengan awalan "e" yang artinya keluar. Jadi pendidikan pada dasarnya adalah kegiatan menuntun seseorang untuk keluar dalam arti yang baik. menurut David Popenoe terdapat 5 fungsi utama pendidikan yaitu : Tranmisi kebudayaan, mengajarkan peran sosial, menjamin integritas sosial, mengajarkan corak kepribadian, dan sumber Inovasi sosial. 
1. Transmisi Budaya
Dalam pendidikan yang ideal budaya menjadi hal yang penting di pelajari dalam jenjang pendidikan, sebab dengan budayalah manusia dapat terus memiliki eksistensinya. budaya sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Buddayah, yang merupakan bentuk jamak dari Buddhi ( budi dan akal) sehingga budaya dikaitkan dengan budi dan akal manusia. Akal manusia tentu di asah dalam dunia pendidikan namun tidka mengurangi budi didalamnya.
Indonesia sebagai negara yang besar tentu tidak ingin budaya yang telah ada tergerus oleh perkembangan zaman, era teknologi yang begitu pesat menuntut pemerintah Indonesia mampu menanamkan budaya yang baik bagi masyarakatnya, dan pendidikan harus mampu menjawab kebutuhan bangsa ini dari kehilangan budayanya sendiri.
2. Mengajarkan Peran Sosial
Pendidikan mengarahkan peserta didiknya untuk mampu mengisi peran-peran dalam status sosial di masyarakat. melalui pendidikan manusia diajarkan agar mampu memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat. berhasilnya pendidikan adalah apabila mampu mengisi stock dari kebutuhan pemberdayaan masyakat diseluruh pelosok di Indonesia.
saat ini tentu pendidikan masih dirasa kurang optimal menyediakan peran sosial terbaik bagi bangsa Indonesia, masih maraknya kasus korupsi, nepotisme, ujaran kebencian, SARA, konflik horizontal dan vertikal menjadi pekerjaan rumah bersama untuk mengembalikan pendidikan pada nilai-nilai dasar NKRI.
3. Menjamin Integritas Sosial
Pendidikan dimanapun harus mampu menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, fungsi pendidikan untuk mempererat bangsa saat ini sudah tidak bisa di tawar lagi. Indonesia tentu saat ini sedang mengalami berbagi gejolak dibidang ekonomi, politik, sosial, budaya, dan hukum. 
pendidikan harus mampu kembali menanamkan nilai-nilai persatuan bangsa diantara peserta didik, sehingga pendidikan mempu memproteksi gangguan baik yang timbul dari dalam maupun dari luar.
4. Mengajarkan corak kepribadian
Pendidikan harus mampu melihat potensi dari setiap peserta didik, ketika pendidikan dilaksanakan tentu menaungi bermacam-macam potensi manusia. pendidikan haruslah diarahkan kedalam menumbuhkan bukan mengubur potensi dari peserta didik itu sendiri. Potensi itu tidak melulu dapat di nilai dari aspek kognitif namun juga sisi psikomotorik dan afektif. 
Pendidikan harus mampu melihat bakat dari siswa secara mendasar, sebab banyak sekali tokoh yang saat ini sukses kesulitan dalam menjalankan pendidikan secara formal. padahal harusnya pendidikan dapat diarahkan dalam menyelamatkan bakat setiap individu didalamnya. peran serta para pendidik dalam terus meningkatkan kemampuannya menjadi ruh bersama pendidikan berjalan dengan baik.
5. Sumber Inovasi Sosial
Inovasi merupakan hal yang perlu ada dalam kehidupan sebab masalah manusia semakin beragam dan kompleks. Pendidikan harus mampu menjadi sumber inovasi yang dapat diterapkan di dalam masyarakat. Lemahnya inovasi pada pendidikan dengan otomatis membuat pendidikan itu usang dengan sendirinya. memahami perkembangan teknologi dan masyarakat serta menerapkannya dalam pendidikan berbasis inovasi akan membuat pendikan menjadi semakin menarik.

Pada kenyataanya pendidikan masih memiliki permasalahan terutama dalam menjalankan fungsi diatas, peran pendidikan untuk mentrasfer kelima hal diatas mengalami banyak dinamika yang kadang tidak sesuai dengan cita-cita awal. Pendidikan membutuhkan peran serta pemerintah, masyarakat, dan media agar kelima fungsi pendidikan dapat dicapai. Artinya tanpa adanya kesadaran bersama bahwa saat ini pendidikan terutama di negara kita masih jauh tertinggal. 






Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar

Artikel Populer

promote

About Me

My photo
saya Adalah guru, dan setiap kita adalah guru