Monday, May 14, 2018

Pertemanan anak dan komentar Orang tua

http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/tips-membantu-anak-agar-mudah-berteman.html
Anak dalam masa pertumbuhannya memiliki banyak pengaruh baik dari orang tua, teman sejawat, saudara dekat dan jauh, gadget, permainan anak. Semua faktor ini melingkupi anak terutama pada pertumbuhan anak di zaman milenial seperti sekarang ini. Sementara semakin berkembangnya informasi yang semakin mudah di akses ternyata disisi lain para orang tua kelebihan informasi terkait perkembangan anak yang kadang lebih

Salah satu hal yang perlu mendapat perhatian adalah pertemanan anak, orang tua tentu tidak ingin mendapatkan imput positif terjadi pada anak-anak kita. Orang tua mengizinkan anaknya bermain dengan teman sejawat merupakan bentuk upaya agar anak tidak kurang pergaulan atau kehilangan percaya diri.

Jurnal Child Development mengukur tingkat kognisi seorang anak tentang kejadian-kejadian negatif dan ambigu di sekitar mereka, serta intensitas emosional anak. Profesor di Departemen Pengembangan Manusia dan Studi Keluarga di Iowa University, Nancy McElwain mengatakan dirinya tertarik untuk mengetahui kognisi dan emosi anak-anak yang berinteraksi dengan sesama mereka

Anak-anak yang cenderung menganggap niat temannya tulus, cenderung tidak emosional, lebih prososial, dan berbagai lebih banyak tawa serta interaksi positif ketika mereka masih kelas empat. Anak-anak cenderung menganggap niat temannya tidak tulus, terkadang mengobarkan permusuhan, bahkan muncul hasrat ingin menyerang teman ketika mereka kelas enam atau saat usia beranjak remaja.

"Misalnya, teman anak Anda menumpahkan susu ke buku pelajaran anak Anda. Anda bisa mengatakan, "Ibu rasa dia tak bermaksud menumpahkan susu ke bukumu. Itu kecelakaan yang tak disengaja." Alih-alih bertanya bagaimana kejadiannya, orang tua lebih baik memberi pandangan positif pada anaknya," kata Paul.

Komentar positif orang tua membantu anak dalam berfikir yang sama dan membantu meningkatkan kecerdasan anak di kemudian hari. Anak adalah anugerah yang besar yang diberikan kepada kita untuk kita jaga, proteksi orang tua tanpa mengekang anak terutama ketika anak bermain dengan teman sebaya membantu kehidupan anak di masa depan secara signifikan.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar

Artikel Populer

promote

About Me

My photo
saya Adalah guru, dan setiap kita adalah guru