Thursday, April 12, 2018

Apa Peran ayah selama ini sebenarnya?

Hasil gambar untuk peran ayah

Keluarga merupakan organisasi terkecil dalam masyarakat, selayaknya organisasi tentu ada peran diantara anggota keluarga. setiap anggota keluarga memiliki peran penting sehingga timbul kebermanfaatan bersama dalam keluarga. salah satu dari anggota keluarga tidak memahami perannya maka tentu organisasi tersebut akan kacau. seandainya diibaratkan dengan kapan, tentu kapal tersebut akan terombang-ambing dan sulit untuk berlayar secara baik.
Ayah merupakan leader dalam keluarga, peran ayahlah yang paling central setelah ibu, lalu apa saja peran ayah yang harus kita ketahui, Berikut Peran ayah yang dapat di maksimalkan dalam keluarga, agar keluarga kita menjadi keluarga yang dapat menginspirasi dan mendatangkan kebaikan.
1. Pemimpin keluarga
Peran penting ayah yang pertama adalah menjadi pemimpin bagi keluarga. Bahkan dapat dikatakan bahwa ayah merupakan nahkoda bagi keluarga tersebut, sehingga beliau lah yang akan menentukan arahberlayar dari keluarganya. Mekipun perannya sangat besar, namun  terkadang tak terlalu dirasakan bagi beberapa anggota keluarga.
2. pembimbing dalam keluarga
Peran ayah yang penting lainnya selain memimpin adalah sebagai pelindung dari keluarganya. Ayah harus mampu melindungi keluarganya dari bahaya-bahaya yang ada di dunia luar, tak hanya dalam bentuk fiisk namun juga non fisik. Seorang ayah juga lah harus dapat memberikan kenyamanan dan keamanan emosional serta finansial dalam bentuk nafkah dan moral kepada seluruh anggota keluarga yang ada.
3. pelindung keluarga
Peran Ayah Dalam Keluarga yang satu ini tentunya sudah menjadi hal yang wajib bagi seorang ayah. Memenuhi segala kebutuhan keluarga tentunya menjadi janji yang dibuat pria ketika akan menikah. Tak hanya memenuhi kebutuhan spritual saja, namun juga emosional serta materi.
4. penyedia segala kebutuhan
Peran Ayah Dalam Keluarga yang satu ini tentunya sudah menjadi hal yang wajib bagi seorang ayah. Memenuhi segala kebutuhan keluarga tentunya menjadi janji yang dibuat pria ketika akan menikah. Tak hanya memenuhi kebutuhan spritual saja, namun juga emosional serta materi.
5. pemberi kasih sayang
Tak hanya ibu saja yang bertugas memberikan kasih sayang bagi anggota keluarga, namun sosok ayah juga memiliki peran penting dalam hal tersebut. Sebagai sosok ayah, tunjukkan kasih sayang anda terhadap istir dan juga anak-anak-anak anda. Anda bisa dengan membiasakan diri memberikan cium kening pada saat pagi hari, baik kepada ibu maupun anak.
6. motivator
Peran Ayah Dalam Keluarga sebagai motivator sangatlah dibutuhkan oleh anak-anak. Terutama pada saat anak mengalami kendala/kesulitan, ayah lah yang bertugas untuk memberikan motivasi tersebut. Motivasi yang dituturkan oleh ayah akan sangat berpengaruh pada mental anak, bahkan motivasi tersebut dapat membuat anak kuat dalam menghadapi rintangan yang ada.
Tak sampai hanya disitu, Peran motivator juga diperlukan dalam sebuah tindakan, perbuatan, atau tingkah laku yang sekiranya dapat memberikan motivasi positif bagi anaknya. Ayah akan memberikan stimulus positif apabila ia tetap memuji sang anak telah melakukan hal terbaik apabila sang anak gagal memenuhi ekspektasi yang sedang ingin diraihnya.
7. pemberi perhatian
Seorang Ayah yang sering memberikan perhatian secara langsung kepada sang anak akan memberikan stimulus positif dalam perkembangan anak. Anak akan lebih percaya diri dalam kehidupan sosialnya, mudah bersosialisasi, dan memiliki pemikiran terbuka terhadap perbedaan baik itu ras, pendapat, atau kelas sosial yang ada di lingkungan masyarakat.
8. memberikan teladan
Anak-anak tak hanya akan mencontoh karakter ibu saja, namun juga dapat menjadikan sosok ayahnya sebagai panutannya kedepan. Perkembangan dan tingkah laku anak akan sangat dipengaruhi oleh orang-orang disekitarnya, termasuk sosok ayah. Sehingga seorang ayah haruslah menjadi role mode  bagi sang anak.
9. pengajar
Peran pendidikan bagi anak, tak hanya dikendalikan oleh ibu saja. Seorang ayah juga lah harus mengetahui bagaimana mendidik anak-anak dengan tepat. Selain itu, ayah juga lah harus mengetahui cara untuk memenuhi kebutuhan anak tersebut dan hal-hal yang terkait dengan itu.
10. melatih kedisiplinan
Ayah juga memiliki peran penting dalam melatih kedisiplinan. Anda bisa mengajarkananak-anak mengenai disiplin di mulai dari dalam  rumah. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, peran pendidik di dalam rumah merupakan tugas dari orang tua. Dan ayah lah yang berperan dalam memberikan pengajaran tentang arti kedisiplinan.
11. selalu siap dan siaga
Peran Ayah yang tidak selalu bisa digantikan oleh sosok ibu adalah siaga setiap saat. Ayah harus selalu siaga setiap saat dalam situasi atau kondisi apapun. Terlebih saat keluarga tersayang membutuhkan bantuan. Tak peduli apakah Ia sedang sibuk dengan urusannya. Ayah harus rela mengorbankan waktunya untuk membantu keluarganya.
12. tempat berbagi
Bagi seorang anak, Ayah adalah tempat pemberi solusi terbaik untuk semua permasalahan yang sang anak tengah hadapi. Begitu pula bagi seorang Ibu. Ibu yang notabene juga seorang perempuan butuh sosok yang bisa ia sandarkan. Terlebih saat ia sedang kesulitan dalam menjalani peran seorang ibu yang tengah menghadapi anakny. Ibu akan berbagi keluh kesahnya kepada sang suami.
13. Penghibur
peran ayah sebagai penghibur juga dibutuhkan saat keadaan psikologi sang anak sedang turun drastis. entah dikarenakan ia sedang mengalami penurunan nilai, berantem dengan teman, atau masalah pribadi lainnya. Ayah cenderung mampu memposisikan diri sebagai teman kepada sang anak agar anak mau membuka diri dan menceritakan semua permasalahnya.

Diatas merupakan peran terpenting bagi seorang Ayah, dan sudah selayaknya ayah menjadi panutan dan mampu mengaplikasikan peran diatas, sehingga keluarga kita dengan sendiri nya akan berjalan harmonis.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar

Artikel Populer

promote

About Me

My photo
saya Adalah guru, dan setiap kita adalah guru