Thursday, April 26, 2018

Memotivasi diri mendidik anak

pondokibu.com
Memiliki anak merupakan dambaan banyak orang, walaupun tidak semua orang ingin memiliki anak. ada saja orang yang tidak memiliki anak, kehidupan berkarir, tanggung jawab yang belum tertata, kehidupan hedonis, masih belum mapan, adalah sedikit dari banyak faktor memiliki seorang anak dan keturunan.

Anak memang sebuah anugerah yang luar biasa dari Allah SWT, tidak semua yang memutuskan untuk berkeluarga dapat dengan segera memiliki momongan. meskipun ada saja karena praktek perzinaan mengakibatkan perilaku yang lebih rendah dari binatang berupa pembunuhan anak atau membuang anaknya dipinggir jalan.

padahal, anak adalah sebuah anugerah yang amat besar, banyak orang rela menghabiskan uang yang nilainya fantastis hanya untuk mendapatkan keturunan. Memang kita sebagai manusia harus selalu di ingatkan, sehingga motivasi mendasar dari syukur nya kehidupan dengan keturunan menjadi anugrah yang besar untuk kita nikmati.

mungkin akan banyak diksi yang harus digunakan untuk memberikan motivasi yang kuat dalam mendidik anak, namun ada beberapa motivasi yang dapat kita jadikan acuan dalam mendidik anak dirumah.

1. Anak adalah sumber rizki
Ada pepatah bahwa anak mendatangkan rizki, memang kalau kita menyakini bahwa anak mendatangkan banyak rizki yang tidak terduga. disini saya tidak mempersepsikan bahwa anak dapat dieksploitasi untuk mendapatkan uang. namun, anak walaupun secara harfiah tidak bekerja namun anak akan menjadi musabab rizki hadir pada keluarga. Anak merupakan ruang tersendiri pada Rizki yang besar seandainya rizki tidak dinilai dari harta saja, secara harfiah Rizki anak begitu banyak dan kadang para orang tua akan sangat takjub dengan bagaimana anak memberi keberkahan dalam hidup.

2. Anak adalah sumber kebahagiaan
Tidak dapat disangkal lagi bahwa anaklah sumber kebahagiaan bagi para keluarga, keluarga tanpa anak tentu lebih buruk dari sayur tanpa garam. Anak seakan menjadi buah dari cinta antara dua insan dan memberikan semangat untuk melanjutkan kehidupan. mendidik anak secara benar sesungguhnya memberikan kesempatan pada diri kita untuk hidup lebih baik lagi. 

3. Anak penerus generasi
Secara tradisi anak adalah penerus keberlangsungan manusia, bukan sekedar insan saja anak juga menjadi penerus budaya, nilai, adat, ekonomi, sosial dsb. Anak dalam berbagai budaya dianggap sebagai sesuatu yang amat penting dalam keberlangsungan sebuah koloni dalam bermasyarakat. pandai mengelola anak menjadi motivasi agar generasi yang kita tinggalkan adalah generasi yang tangguh.

diantara yang paling besar dalam motivasi mendidik anak adalah tanggung jawab besar bahwa kehidupan kita yang sekarang adalah hasil kerja keras orang tua dalam mendidik kita. sehingga sudah selayaknya kita mampu memberi yang lebih baik dari yang pernah diberikan orang tua kita. 

semoga bermanfaat
Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar

Artikel Populer

promote

About Me

My photo
saya Adalah guru, dan setiap kita adalah guru