Wednesday, April 18, 2018

Pengaruh musik pada kecerdasan anak

www. pinterest.com
Anak terlibat dalam banyak bakat yang harus di munculkan, tentu setiap anak memiliki seluruh kecerdasan yang ada. menurut Howard Gardner terdapat 9 sub aspek kecerdasan, diantaranya adalah : Kecerdasan linguistik (Linguistic intelligence), Kecerdasan matematis-logis (Logical – mthematical intelligence), Kecerdasan ruang(Spatial intelligence), Kecerdasan kinestetic-badani (bodily- kinesthetic intelligence),Kecerdasan musikal (Musical intelligence),Kecerdasan interpersonal (Interpersonal intelligence), Kecerdasan intrapersonal (Intrapersonal intelligence), Kecerdasan lingkungan/naturalis (Naturalist intlligence), dan Kecerdasan eksistensial (Exixtential intlligence).

pada kenyataanya, setiap orang tentu akan memiliki dominan kecerdasannya masing-masing, namun pertanyaannya adalah dimana peran kita dalam membentuk mentalitas anak agar mampu meningkatkan kecerdasan dalam kehidupan sehari-hari. salah satu kecerdasan itu adalah kecerdasan dalam kecerdasan musikal, dan kecerdasan linguistik atau bahasa.

menurut sebuah studi studi Artur Jaschke dari VU University of Amsterdam di Belanda yang dikutip the indiana express menunjukkan bahwa bahwa musik mempengaruhi kecerdasan diantaranya adalah mampu mengatur prioritas, penalaran berbasis bahasa, dan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers di Neuroscience tersebut, para peneliti melakukan penelitian dengan 147 anak-anak di beberapa sekolah Belanda. Mereka menggunakan metode musik terstruktur yang dikembangkan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan di Belanda, bersama dengan pusat ahli untuk pendidikan seni.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar

Artikel Populer

promote

About Me

My photo
saya Adalah guru, dan setiap kita adalah guru