Wednesday, April 18, 2018

cara efektif bermain dengan anak

http://roboticsindonesia.com
Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat, para orang tua dituntut untuk melakukan penyesuaian untuk membentengi anak dari efek negatif dari kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Hampir kita temukan dalam kehidupan sehari-hari seorang anak yang sibuk dengan gadget dan handphone yang digunakannya, dan orang tua tidak sadar akan bahaya dari penggunaan gadget dalam keseharian anak.

Anak memang tidak mengetahui akan bahaya, anak hanya tahu dan memiliki sifat alamiah dasar yaitu tertarik pada benda dan warna mencolok yang di tampilkan gadget. Anak cenderung ingin mengetahui dan menguasai teknologi yang berada di hadapannya. istilah nya adalah digital native dimana anak cenderung dapat menguasai dengan mudah teknologi dihadapannya karena mereka terlahir dalam kondisi teknologi yang sedang berkembang. sedangkan para orang tua sulit untuk memahami teknologi gadget yang berkembang karena di saat para orangtua dewasa teknologi tersebut hadir, istilahnya adalah digital immigrant.

keadaan ini membuat gap/jarak yang besar seandainya orang tua tidak ingin mengikuti perkembangan tersebut. kebiasaan anak bermain game yang jauh dari edukasi cenderung mempraktikkan kekerasan, kegiatan saling menghujat pada lini media yang mempertontonkan bahasa sarkasme, bahkan yang membahayakan konten pornografi yang semakin mudah diakses. hal ini akan menjadi racun seandainya tidak segera ditangani oleh para orang tua.

Dampak buruk teknologi ini layaknya rokok, dimana pengguna tidak secara langsung mengalami dampak negatif dari penggunaan gadget. padahal secara jangka panjang seorang anak yang berada pada penggunaan gadget diatas batas kewajaran membuat anak memiliki banyak dampak yang sulit untuk diobati secara medis. Sebagai contoh anak akan memiliki sikap minder dengan penampilan media sosial yang mempertontonkan kaum borjouis/ kekayaan, malas berfikir, emosional, kurang kepekaan terhadap sosial, bahkan stress yang dini dialami para generasi muda ini.

Kemauan keras orang tua untuk senantiasa belajar menjadi kunci dari semua efek negatif yang dihasilkan. bagaimana orang tua membatasi penggunaan teknologi pada anak, bagaimana orang tua mengetahui konten apa saja yang diakses anak, pembatasan gadget pada usia dini, dan pelibatan orang tua dalam aktivitas harian anak. orang tua dituntut untuk senantiasa aktif berkontribusi pada diri anaknya. dalam hal ini orang tua bermain dalam banyak peran agar orang tua bisa menjadi win solution dari masalah-masalah anak.

Peran yang dapat dilakukan orang tua di era modern seperti sekarang ini, terutama dalam menghadapi perkembangan teknologi diantarannya adalah :

1. Orang tua guru Spiritual
2. Orang tua sebagai Psikolog
3. Orang tua sebagai atlet
4. Orang tua sebagai Public speaking
5. Orang tua sebagai Motivator

Peran- peran tersebut tentu dapat dikolaborasikan antara pasangan terutama dalam berbagai keseharian orang tua, peran aktif bersama dan keteladanan yang baik akan mendukung anak menjadi pribadi yang tangguh di kemudian hari.

Semoga Bermanfaat


Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar

Artikel Populer

promote

About Me

My photo
saya Adalah guru, dan setiap kita adalah guru