Thursday, April 12, 2018

Main Handphone, ternyata membuat Psikomotorik anak menjadi lambat

Teknologi semakin berkembang pesat saat ini, perkembangannya mencakup ke semua usia tanpa terkecuali termasuk anak-anak. karena itu, orang tua perlu memperhatikan kondisi anaknya dalam mengakses teknologi terutama gadget dan handphone. karena, untuk anak di bawah 5 tahun saja hari ini sudah sangat fasih bermain teknologi terutama handphone. 
kebanyakan orang tua tidak menyadari dampak buruk dari penggunaan handphone pada usia di bawah 5 tahun. padahal, anak di bawah lima tahun secara psikologi sedang banyak melakukan gerak dan permainan, belajar mengenal lingkungan, dan bersosialisasi dengan teman sejawat. bisa dibayangkan apabila hal tersebut di ganti dengan teknologi handphone yang ternyata mengurangi gerak anak. memang terlihat anak yang bermain gadget terlihat lebih tenang, namun ternyata banyak dampak negatif yang dirasakan salah satunya adalah Psikomotorik anak yang kurang terasah.
diantara perkembangan psikomotorik anak yang harus kita ketahui adalah :
1. Peniruan
anak pada pada dasarnya adalah peniru handal, kalau anak tidak memperhatikan dunia sekitar, karena sedang sibuk dengan handphone kita bermain game edukasi misalnya. tentu kesempatan untuk meniru tindakan baik kita akan terlewat dengan percuma, dan ini adalah kerugian yang besar.
2. Penggunaan konsep ( manipulasi)
Lihatlah ketika anak kita bermain di tanam atau dimanapun, ia akan menggunakan alat apapun untuk mendukung imajinasinya. misalnya ia pakai ember untuk menggambarkan bahwa ia sedang naik perahu. atau ia merobek kertas untuk bermain uang-uangan, hal ini dikhawatirkan akan sulit berkembang seandainya anak-anak kita sibuk bermain gadgetnya. 
3. Ketelitian
anak kita pada dasarnya sangat teliti, ia akan ingat apa yang kita katakan. padahal bisa jadi kata itu keluar dari diri kita tanpa kita sadari. anak akan ingat apa kebaikan kita dan cara kita memeluknya dan menyayanginya. hal ini akan hilang kalau kita pasrahkan anak kita hanya dengan handphone nya.
4. Perangkaian
Perangkaian adalah suatu keterampilan untuk merangkaikan bermacam- macam gerakan secara berkesinambungan. Gerakan artikulasi ini menekan- kan pada koordinasi suatu rangkaian gerakan dengan membuat urutan tepat dan mencapai yang diharapkan atau konsistensi internal antara gerakan-gerakan yang berbeda.
agak rumit, namun perangkaian ini seperti anak suka menulis bukan, mencorat-coret dsb. pada dasarnya apa yang ia garis adalah sebuah rangkaian ide, namun kita tentu belum bisa membacanya. hal ini lah yang menjadikan ia mampu bermain dengan konsepnya kelak. hal ini lah yang belum bisa di gantikan gadget.
5. Pengalamiahan
anak cenderung bertindak alami tanpa ada rekayasa sedikitpun, begitulah fitrah anak dan menjadi hal yang penting dalam diri anak. jadi handphone pada dasarnya mengganggu diri si anak untuk bertindak alami secara wajar anak-anak. coba kita perhatikan sekitar kita, anak zaman sekarang ternyata banyak mengalami pendewasaan lebih cepat dari pada semestinya karena terpapar gadget di sekitarnya.

kelima hal ini akan sangat mudah terganggu dengan adanya gadget atau handphone, karena anak akan cenderung suling mengasah psikomotirik dasar ini pada anak. alangkah bijaknya kalau kita sedini mungkin menjauhkan handphone dan gadget kita dari jangkauan anak demi menyelamatkan masa depan mereka.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar

Artikel Populer

promote

About Me

My photo
saya Adalah guru, dan setiap kita adalah guru